Wednesday, November 09, 2005

Tentang Majalah Cerita Kita

Tentang Majalah Cerita Kita



Kapan Majalah Cerita Kita (Cerkit) terbit pertama kali dan apa alasan membuat majalah ini?

Edisi perdana Cerkit terbit pada November 2005. Alasan menerbitkan majalah ini karena kami melihat pada saat itu tidak ada majalah yang khusus memuat cerita pendek (cerpen) remaja. Padahal, saat itu minat para remaja dalam menulis cerpen atau novel besar sekali. Pada saat yang sama, minat remaja untuk membaca karya fiksi juga sangat tinggi. Karena itulah kami menerbitkan majalah ini.

Banyak majalah umum atau majalah remaja yang memuat cerpen, tetapi majalah yang seluruhnya berisi cerpen belum ada saat itu. Dengan demikian Cerkit diharapkan mampu memenuhi kebutuhan remaja terhadap bacaan fiksi sekaligus menampung hasil kreativitas remaja itu sendiri.

Terbukti, sejak penerbitan perdana, tiras Cerkit terus naik dari bulan ke bulan dan puluhan cerpen masuk setiap harinya.

Siapa orang-orang di balik penerbitan majalah ini?

Kami sudah berpengalaman selama puluhan tahun dalam industri media cetak, khusunya majalah di Indonesia. Baik dalam hal produksi maupun distribusi, awak kami mempunyai pengalaman rata-rata lebih dari 25 tahun di industri pers nasional.

Di kota mana saja Cerkit bisa didapatkan?

Cerkit bisa didapatkan hampir di seluruh kota besar di Indonesia. Di tiap-tiap provinsi kami memiliki lebih dari satu agen atau distributor. Mereka inilah yang selain menyuplai kota-kota di mana mereka berada juga sekaligus mendistribusikannya hingga ke tingkat kabupaten di sekitarnya.

Apa perbedaan antara Cerkit dengan majalah-majalah remaja lainnya?

Diferensiasi kami sangat jelas di tengah belantara majalah remaja lain. Jika majalah remaja lain adalah majalah umum yang mungkin ada satu-dua cerpen, maka Cerkit adalah majalah yang seluruhnya berisi cerpen. Hanya sesekali kami memuat satu-dua tulisan lain yang masih berkaitan dengan dunia fiksi.

Cerkit adalah majalah cerpen bulanan yang dijaga oleh editor-editor kondang dan berpengalaman. Karena itu Cerkit selalu menghadirkan cerpen-cerpen menarik dan berkualitas dari para penulis muda Indonesia.

##

No comments: